Minggu, 03 April 2011

Profil SMK N 1 Padaherang

PROFIL SMK NEGERI 1 PADAHERANG

A. IDENTITAS SEKOLAH
Nama SMK : SMK NEGERI 1 PADAHERANG
Alamat : Jln. Raya Padaherang Km1
No. Telp. : (0265) 655621
Fax. : -
Desa/Kel. : Karangsari
Kecamatan : Padaherang
Kab/Kota : Ciamis
Email : smkn_padaherang @ yahoo.co.id
Situs Web : -
NSS/NPSN : 3410214120 / 20238438

Izin Pendirian : 421.5/Kpts.118-Huk/2004
Tanggal : 24 Mei 2004
Program Keahlian :
 Geologi Pertambangan
 Teknik Komputer Jaringan
 Rekayasa Perangkat Lunak
 Teknik Elektronika Industri

A. Visi Sekolah : Menjadi sekolah berstandar Internasional pada tahun 2014 untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang handal dan berakhlak mulia serta mampu bersaing dalam era globalisasi


Misi Sekolah : 1. Senantiasa bersikap professional dalam melaksanakan kegiatan dengan tetap berlandaskan pada keimanan dan ketakwaan terhadap Alloh SWT
2. Menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah, masyarakat, institusi pasangan, dan dunia usaha industri
3. Melakukan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh warga sekolah agar mampu bersaing dalam era global.
5. Memberikan pelayanan prima kepada stakeholder, khususnya orangtua siswa.
Tujuan : Menghasilkan tamatan yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan berbudaya serta mampu bersaing dalam era global.

Sasaran : 1. Internal: Warga SMK Negeri 1 Padaherang; Siswa, Guru, dan Tenaga Administrasi.
2. Eksternal: Orang Tua/Wali siswa, Dunia Usaha/Industri, Pemerintah Daerah, dan instansi terkait.

Tugas Pokok : Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Terpadu

Fungsi : 1. Pengemban tercapainya tujuan nasional
2. Pembentuk karakter dan kecakapan hidup (life skills).
3. Pemberi suri tauladan untuk menjadi manusia yang berdudaya.
4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia

Bank : BRI Cabang Banjar
No Rekening : 0162-01-012700-50-7

B. SUMBER DAYA MANUSIA/PERSONIL
1. DATA KEPALA SEKOLAH
Nama : Drs. Dede Tarlana,MM
NIP/KARPEG : 19640114 198903 1 009
Tempat/Tgl. Lahir : Tasikmalaya, 14 Januari 1964
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pangkat/Jabatan : Pembina Gol. IV/b / Kepala Sekolah
Riwayat Pendidikan
NO. LEMBAGA TAHUN JURUSAN KETERANGAN
1. SD Rajapolah 1 1976 --
2. SMP Negeri Rajapolah 1979 --
3. SGO Neg. Tasikmalaya 1982 --
4. FPOK-IKIP Bandung 1986 Pendor

Riwayat Pekerjaan
NO. LEMBAGA MULAI
TAHUN KETERANGAN
1. Guru SMP Neg. Puspahiang 1989
2. Guru SMK Negeri 1 Ciamis 1991
3. Kepala SMKN 1 Padaherang 2005




B.2. KETENAGAAN
B.2.1. EDUKATIF
STAF PEMBANTU KEPALA SEKOLAH (Wakasek)

No. Nama Jabatan Spesialisasi Gol.
1. Oo Kosidin, SPd, MM. Wk. Kurikulum Guru III/b
2. Yusuf Sidik, SPd. Wk. Kesiswaan Guru III/b
3. Nana Supena, SPd, MM Wk. Sarpras Guru IV/b
4 Iceu Sulastini, S.Pd, MM Wk. Hubin Guru III/b



B.2.3. KEADAAN SISWA
JUMLAH SISWA DITERIMA :
TAHUN JUMLAH SISWA DITERIMA
2007/2008 192
2008/2009 288
2009/2010 432
2010/2011 468
TOTAL SISWA 1168

GURU TETAP
No. Nama Status Spesialisasi Gol. Ket.
1. Dede Tarlana, Drs. MM GT Penjaskes IV/B Kepsek
2. Koswandi, Drs. GT BP IV/B
3. Nana Supena, SPd., MM GT PLS IV/B
4. Ahmad Sholeh, Spd.I GT PAI IV/A
5. Sutarno Kridiono, BA GT Matematika III/D
6. Oo Kosidin, SPd, MM GT PKns III/B
7. Iceu Sulastini, SPd. MM GT Bahasa Inggris III/A
8. Yusuf Sidik, SPd. GT Penjaskes III/A


GURU TIDAK TETAP
No. Nama Status Spesialisasi Gol. Ket.
1. Momon Bachtiar, BA GTT PKNS -
2. Ida Nurhidayati, S.Ag. GTT PAI -
3. Ahmad Sholeh, Spd.I GTT PAI -
4. Mamat R, S.Pd. GTT PAI -
5. Yulianti Hidayat,ST GTT Kimia -
6. Ratnaningsih, S.Pt. GTT Fisika -
7. Muji Hartono, SPd GTT Bahasa Indonesia -
8. Ujang Trisno, SPd. GTT IPA -
9. Kuswaya, ST GTT Teknik Geologi -
10. Yudi Yuswandi, A.Md. GTT Perakitan Komp -
11. Oscar S, A.Md. GTT Digital -
12. Dadi Hidayat, A.Md. GTT Geologi Struktur -
13. Yane Apriani, SPd. GTT Bahasa Inggris -
14. Ninung Suryati, S.Pd. GTT Bahasa Inggris -
15. Maman Suparman,AMd.T GTT Ilmu Ukur Tanah -
16. Heri Rip Kosasih, S.Pd. GTT KKPI -
17. Jahidi, ST GTT Elektronika Dasar -
18. Cempaka Dewi, SE GTT Kewirausahaan -
19. Herdiana, SPd GTT PLH -
20. Sri Rahayu,ST GTT Matematika -
21. Titin Juliantini, SPd GTT Bahasa Indonesia -
22. Handi Yohandi, ST GTT Teknik Geologi -
23. Patah Yasin, AMd GTT Visual Basic -
24. Siska Nuraeni, SPd GTT Bahasa Inggris -
25. Yani Nuryani, SPd GTT Matematika -
26. Pipit Fitriani, SPd GTT Penjaskes -
27. Muslihun, SPd GTT PKNS -
28. Diki Nadir, ST. GTT Teknik Pertambangan -

TENAGA ADMINISTRASI
No. Nama Jabatan Spesialisasi Gol. Ket.
1. Asman Plh. Kepala TU Kepegawaian II/d


TENAGA ADMINISTRASI TIDAK TETAP
No. Nama Jabatan Spesialisasi Gol. Ket.
1. Firman, S.T. TU TT Urs. Kearsipan -
2. Yuyun Yulianti TU TT Urs. Keuangan -
3. Nina Hendarti TU TT Urs. Persuratan -
4. Kaswan, A.Md. TUTT Urs. Kesiswaan
5. Enjang Rusmana TUTT Urs. Perpust.
6. Maman Kusyaman TU TT Urs. Kebersihan -
7. Ebuh Suhendar TU TT Urs. Kebersihan -
C.
SUMBER DAYA PENDIDIKAN
1. Keadaan Tanah
a. 1. Luas Tanah : 10.170 m2
2. Status Tanah : Proses Sertifikasi
3. No. Akta Hibah : 12/HB/07/II/2004
4. Tanggal : 6 Pebruari 2004

2. Keadaan Bangunan
1. Luas Bangunan : 882 m2
2. Status : Hak Milik
3. Keadaan Ruang
a. Nama Dan Luas
1. Ruang Kelas/Teori : 378 m2
2. Laboratorium/Keterampilan : 110 m2
3. Kantor :1
4. Gudang :1
5. Perpustakaan :1
6. UKS :1
7. Serbaguna :2
8. Lain – lain :2
b. Kondisi Ruang :

4. Keadaan Infrastruktur
a. Taman
Luas Taman : 150 m2
Kondisi Taman : Cukup
b. Lapang Olah Raga
Luas : 12 x 6 m2
Kondisi : Cukup
c. Lapang Upacara
Luas : 480 m2
Kondisi : Baik
d. Jalan
Luas : 300 m2
Kondisi : Cukup
e. Tempat Parkir
Luas : 280 m2
Kondisi : Kurang baik


5. Keadaan Perabot :
No. Nama Alat Spesifikasi Kuantitas Kondisi Ket.
B RR RB
1 2 3 4 5 6 7 8

1 Lemari Kayu 5 5 - -
2 Lemari Besi Elitte - - - -
3 Brankas President - - - -
4 Filling Cabinet Elitte 1 1 - -
5 Filling Box Datascrip - - - -
6 Cardex President - - - -
7 Laci Plano - - - -
8 Rak Kayu - - - -
9 Rak Besi Elitte - - - -
10 Kulkas Sanyo SR 1680 - - - -
11 Freezer Sanyo MP 15080X - - - -
12 AC National - - - -
Sharp - - - -
13 Kipas Angin National - - - -
14 Penghisap Debu National - - - -
15 Pemotong Rumput Tanaka Qum 221 - - - -
16 Meja Teori 146 146 - -
Kerja 7 7 - -
Office Desk - - - -
Computer 14 14 - -
17 Kursi Teori (Bangku sekolah) 460 460 - -
Kerja/Arindah - - - -
Lipat - - - -
Computer/Putar - - - -
18 Meja-Kursi Tamu Arindah 2 2 - -
19 Papan Tulis Hitam 7 7 - -
20 Papan Tulis Putih 3 3 - -
21 Papan Tulis Data 2 2 - -
22 Lambang Negara 13 13 - -
23 Lambang Instansi 1 1 - -
24 Lambang Organisasi - - - -
25 Bhineka Tunggal Ika 13 13 - -
26 Lambang Korpri - - - -
27 Lambang Tut Wuri Handayani - - - -
28 Lambang Sekolah 1 1 - -
29 Bendera Merah Putih 2 2 - -
30 Bendera/Vandel Korpri - - - -
31 Bendera/Vandel Sekolah - - - -
32 Piala 4 4 - -
33 Globe - - - -
34 Peta Indonesia 1 1 - -
35 OHP Elmo HP 14 - - - -
36 Data Show Presenter Aves-DGS 212 - - - -
37 Medium Presenter Medium PL - -
38 Layar Proyektor Da-Lite - -
Da-Lite - -
39 Video Recorder Sony SL-S 550 1 1
40 Slide Recorder Elmo 801 - -
41 Movie Camera Sony CCD F-550 - -
42 Slide Preyektor Elmo 253 AF - -

Alat Kesenian
43 Umum Guitar - -
44 Seni Suara Musik Organ Yamaha 1
45 Seni Karawitan Gamelan 1 set
Calung - -

46 Tempat Tidur - -
47 Tempat Tidur Periksa - -
48 Alat Ukur Waktu/Jam Seiko 4 4
49 Berat/Timbangan Scale/Raja - -

50 Karya Umum - - - -
51 Filsafat - - - -
52 Agama 5 5 - -
53 IP Sosial - - - -
54 IP Bahasa 6 6 - -
55 IP Praktis - - - -
56 IP Tekhnologi 10 10 - -
57 Olah Raga 5 5 - -
58 Kesusastraan 3 3 - -
59 Sejarah 4 4 - -
60 Biografi - - - -
61 Ilmu Bumi/Geografi 10 10 - -
62 Karya Umum Lainnya 10 10 - -


6. Keadaan Peralatan :
No. Nama Alat Spesifikasi Kuantitas Kondisi

Ket
B RR RB
1 2 3 4 5 6 7 8

1 Hand auger 5 5 - -
2 Mesin potong batu 1 1 - -
3 GPS Garmin 60 S 2 2 - -
4 Loupe Loupe geologi 4 4 - -
5 Kompas Brunton 6 6 - -
6 Palu Geologi 8 8 - -
7 Theodolit 2 1 - 1
8 Water pass 1 1 - -
9 Statif 2 2 - -
10 Rambu ukur 4 4 - -
11 Mesin Tik : Standar 1 1
- - - -
12 Mikroskup Pollaris YEIS 1 1 - -
13 Mesin Electonic Calculator Cannon - - - -
14 Toshiba - - - -
15 Casio DR. 8620 - - - -
16 Mesin Scientific Calculator Casio FX - - - -
17 Mesin Printing Calculator Casio 208 SR - - - -
18 Mesin Stensil Gestetner 400 T - - - -
Gestetner 4108 A - - - -
Cyklos Arori M.86 - - - -
19 Mesin Foto Copy Conica Ubix 1512 S - - - -
Conica Ubix 1212 S - - - -
20 Mesin Scanner Elefax PM. 30 - - - -
Gestetner. 4192 - - - -
UMAX-Astra 610P - - - -
21 Computer Diatas P4 37 37 11 -
(Hub+Ethernet card) pentium 4 14 10 4 -
22 Printer Desjet 1 - - 1
Epson LX-300+ 1 1 - -
CanonIP1800 2 2 - -
CanonIP1600 1 - 1 -
Pengeras Suara :
23 Saloon National 9 1 - -
24 Microphone National 2 2 - -
25 Standard Mick National - - - -
26 Ampifier National WE. 25 N 1 1 - -
27 Megaphone Toa 2 2 - -
28 Radio Tape Recorder Sony BM 75 - - - -
Sony BM 18 - - - -
Sony CFS 201 - - - -
30 Tape Deck National WK 800 Ac - - - -
31 TV Colour Sony 2964 1 1 - -
32 Telephone pavorit 2 2 - -
33 Telephone Voip Panasonic 1 1 - -
34 Kamera Digital Sony 1 1 - -
35 Tustel Fuji DL 80 - - - -
36 Laptop Axioo 1 1 - -
36 In Fokus BENQ 1 1 - -


D. PROSES BELAJAR MENGAJAR

1. Susunan Program : Kurikulum Edisi 2004 dan 2006
Sistem Belajar : Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
: 1. Pra Prakerin di Sekolah
2. Prakerin di Dunia Usaha Industri
Jumlah jam per minggu : 45 Jam/minggu
Jumlah waktu Belajar di SMK : 1. Pagi : 07.00 s.d 13.00
2. Sore : 12.30 s.d. 17.00
Waktu Belajar di Industri : Pagi dan Sore
Jumlah Jam Prakerin : 1.000 JAM
Pelaksanaan Prakerin : Bulan Agustus s/d Nopember


E. E. PERKEMBANGAN SEKOLAH
1. Akreditasi
a. Lembaga : -
b. Program Keahlian Geologi Pertb : A
c. Program Keahlian TKJ : B
d. Program Keahlian RPL : Belum

2. Perkembangan Rombongan Belajar
Th. Pel. Tingkat I Tingkat II Tingkat III Jumlah
GP TKJ RPL GP TKJ GP TKJ
2004/2005 2 2 - - - - - 4
2005/2006 3 2 - 2 2 - - 5
2006/2007 2 2 1 3 2 2 2 14
2007/2008 2 2 2 2 2 3 2 16



4. Penelurusan Tamatan
Thn. Prog. Kehalian Melanjutkan
Kerja
Lain-lain
2007 Geologi Pertambangan 5 18 27
2007 Teknik Komp. Jaringan 5 25 10
2007 Rekayasa Per. Lunak

5. Jumlah Peserta TOEIC dengan skor diatas 475
No. Program Keahlian Jumlah

Geologi Pertambangan 0
Teknik Komp. Jaringan 0
Rekayasa Per. Lunak 0




6. Urutan Kepala Sekolah
No. Nama Lama Menjabat Ket.
Dari Tahun Sampai Tahun
1. Drs. Endang Sudarman 2004 2005 Plh
2. Drs. Dede Tarlana 2005 Sekarang



7. Prestai Sekolah Tahun 2004-2006
1. Siswa
No Jenis Kegiatan Tingkat Prestasi
1 Hiking Rally Kabupaten Juara II
2 Footsal Kabupaten Juara III



2. Guru/TU
No Jenis Kegiatan Tingkat Prestasi
1 Bola Voli Kecamatan Juara 1
2 Bulutangkis Kecamatan Juara 2


3. Kepala Sekolah
No Jenis Kegiatan Tingkat Prestasi





F. KERJASAMA DENGAN MASYARAKAT

1. Komite Sekolah
1. Tahun Berdiri : 24 Mei 2004
2. Susunan Pengurus
a. Ketua : R. Erma Bastaman
b. Wakil Ketua : Momon Bachtiar, BA
c. Komisi
1. Organisasi dan Manajemen Sekolah : 1. Nana Supena, SPd, MM
2. Mamat Rahmat, SPd
2. Kurikulum dan Pembelajaran : 1. Oo Kosidin, SPd, MM
2. Dadi Hidayat, A.Md
3. Sarana dan Prasarana : 1. Ahmad Sholeh, S.Pd.I
2. Drs. Koswandi
4. Penggalian Sumber Dana : 1. Roni Priatna
2. Ade Sukara
5. Hubungan Kerjasama Industri : 1. Ade Abdul Rozak
2.
d. Sekretariat
1. Sekretaris : Nana Supena, SPd
2. Bendahara : Mamat Rahmat, SPd
3. Staf Sekretariat : Asman
3. Bentuk Kerjasama : Kemitraan

3. Kerjasama Du/Di
a. Program Geologi Pertambangan
1. Akta Kerjasama : 10 IP
2. Du/di Aktif : 15 IP
b. Program Keahlian TKJ
1. Akta Kerjasama : 20 IP
2. Du/di Aktif : 17 IP
c. Program Keahlian RPL
1. Akta Kerjasama : - IP
2. Du/di Aktif : - IP

4. Alumni
a. Susunan Pengurus
1. Ketua Umum Fani Fauzi
Ketua Harian Saeful Anwar
2. Sekretaris Yudha Eka Gumilar
Wakil Sekretris
3. Bendahara Linda Lestari
Wakil Bendahara
b. Manfaat : 1. Adanya keterikatan batin antara alumni dengan sekolah.
2. Terjadinya hubungan kerjasama untuk pemasaran tamatan.
3. Membangun silaturahmi diantara alumni.
5. Bentuk Kerjasama : Kemitraan

G. RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
1 Bangunan : RKB 2 Lokal
2 Peralatan : Pengadaan Ala Praktek
3 Perabot : 1. Pengadaan 25 Stel Meja Kerja
2. Pengadaan 80 Stel Meja Teori
4 Rehabilitasi : a. Bangunan Kelas
b. Lapang Olah Raga
5 Program : a. WAN Jardiknas
b. WAN Kota

H. R A P B S
1 D I K
a. Belanja Pegawai : Rp. 179.609.512,00
b. Belanja Barang : Rp. 15.000.000,00
2 Orang Tua Siswa
a. Rutin : Rp. 20.000.000,00
b. Sumbangan Siswa Baru : Rp. 180.500.000,00
3 Sumber Lain : Rp. ------
Jumlah : Rp. 395.290.012
4 Unit Cost : Rp. 1.491.812,00

I. FUNGSI SOSIAL
1. Bea Siswa :
b. BKM Subsidi Energi : 86 orang
e. Bakat dan Prestasi : 11 orang


2. Anak Asuh : 4 orang

3. Sapu Jaga : 5 orang

J. J KETAHANAN SEKOLAH
1 Sistem Penanganan Kasus
a. Temuan Lapangan : - Latar Belakang
- Jenis Masalah
- Identifikasi Masalah
- Alternatif Bantuan
- Follow up
b. Check Kasus : - Pendataan
- Wawancara
- Placement
- Tes Kemampuan
- Layanan Informasi
c. Konperensi Kasus : - Pengumpulan Data
- Laporan Wali Kelas
- Indentifikasi Masalah
- Alternatif Bantuan
- Koordinasi Pengawasan
2 Sistem Penanganan Disiplin
a. Perumusan Program
b. Koordinasi
c. Sosialisasi program
d. Monitoring
e. Operasi Singkat
f. Penerapan Sangsi
g. Layanan Informasi

3 Lain – lain : Apabila terjadi pelanggaran disiplin, pemberian ganjaran disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya.

K. KETENTUAN PAKAIAN SERAGAM
1 Peserta Didik
a. Senin s.d Selasa : Putih Abu
b. Rabu s.d Kamis : Pakaian Almamater
c. Jum’at s.d Sabtu : Pramuka
2 Guru dan TU
a. Senin : LINMAS
b. Selasa s.d Rabu : CP
c. Kamis : Batik
d. Jum’at s.d Sabtu : Coklat/Pramuka

L. PENELUSURAN LULUSAN
1. Upaya Pemasaran Lulusan
a. Sistem
1. Langsung
BKK SMK Negeri 1 Padaherang bekerja sama langsung dengan Perusahaan (Dunia Usaha dan Industri) dalam menyalurkan Alumni. Baik tingkat Lokal, Regional, Nasional maupun Internasional.
2. Tak Langsung
Melalui Lembaga Pelayanan Penempatan Swasta (LPPS), PJTKI yang sudah bekerjasama lama dan sangat legal.
b. Strategi
• Menjalin koordinasi setiap saat terutama pada akhir tahun ajaran, perusahaan mana yang sangat membutuhkan calon tenaga kerja.
• Mendata alumni baik yang lama maupun yang baru tamat untuk diinformasikan ke Dunia Usaha atau Dunia Industri sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan.
Mendata Alumni dari SMK Negeri 1 Padaherang yang sudah sukses atau sudah memiliki kedudukan atau jabatan pada perusahaan tertentu agar bisa membantu tamatan yang belum mendapatkan lapangan kerja.
c. Sasaran
• Mengupayakan tamatan lebih banyak diserap oleh Dunia Usaha atau Dunia Industri, baik lokal, regional dan nasional sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
• Tercapainya tujuan manajemen SMK Negeri 1 Padaherang dalam menyiapkan tenaga kerja siap pakai dalam menghadapi era AFTA dan AFLA.
2. Daftar Nama Alumni : Terlampir

M. ANALISIS LINGKUNGAN
1. Kekuatan
a. Sumber Daya Manusia (SDM)
b. Tingkat disiplin yang tinggi
c. Tempat belajar/bekerja yang representatif
d. Sarana prasarana pelatihan yang memadai
e. Lingkungan sekolah yang bersih, sehat, indah, nyaman, aman dan asri
f. Sistem Informasi Manajemen berfungsi dengan baik
g. Fasilitas komunikasi dapat melayani secara lokal, nasional dan internasional (Postel & Internet
h. Adanya fasilitas olah raga
i. Penerapan manajemen yang kualifaid
j. Penempatan personil sesuai dengan kemampuannya
k. Pelaksanaan kerjasama yang harmonis
l. Tersedianya dana dari Pemerintah dan Orang tua siswa
m. Adanya kegiatan Unit Produksi
2. Kelemahan
a. Kemampuan bahasa Inggris masih kurang
b. Belum merata antara tenaga edukatif produktif Bisnis Manajemen dan Pariwisata
c. Belum adanya tenaga administratif dan edukatif Bidang Diklat Komputer dan Mesin Kantor
d. Sistem Reward and Punishmen belum optimal
e. Kurang adanya penularan hasil-hasil penataran
f. Peralatan praktek belum memadai
g. Perawatan dan pemeliharaan peralatan praktek belum optimal
h. Penampungan sampah belum tepat dan belum memadai
i. Pengelolaan dan penggunaan perpustakaan belum optimal
j. Pemahaman hakekat berorganisasi masih minim
k. Dana dari pemerintah belum optimal
l. Tingkat ekonomi orang tua pada umumnya menengah ke bawah
m. Pelaksanaan usaha unit produksi belum maksimal
3. Peluang
a. Kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri yang relevan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
b. Adanya perkembangan teknologi informasi yang dapat di akses dengan mudah
c. Adanya kebutuhan pendidikan dan latihan dan jasa bagi masyarakat
d. Potensi kebutuhan diklat cukup besar mengingat jumlah SMK yang refresentatif masih terbatas
e. Kesempatan nasional dan global meningkatkan kebutuhan penyimpan SDM yang dapat bekerja di Dunia Usaha/Industri berstandar nasional dan global
f. Kebijakan politis yang meningkatkan alokasi anggaran sektor pendidikan
g. Kekayaan alam dan keragaman seni budaya daerah yang dapat digali untuk menjadi aset daerah
h. Adanya kebijakan Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) yang menugaskan SMK Negeri 1 Ciamis sebagai lembaga penyelenggara Englis Test Centre (ETC).
4. Tantangan
a. Kemungkinan pemerintah tidak mengalokasikan dana khusus untuk penyelenggaraan pendidikan di SMK
b. Adanya persaingan global di bidang SDM
c. Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi global
d. Kebijakan otonomi daerah mendorong daerah untuk menentukan arah untuk kebijakan pendidikan di daerahnya
e. Belum terlaksananya uji kompetensi yang dilaksanakan oleh asosiasi profesi
f. Sistem pembelanjaan negara yang tidak fleksibel
g. Budaya kerja industri yang kompetitif
h. Alokasi anggaran yang proforsional
i. Belum ada konsensus nasional tentang mutu pendidikan di Indonesia
j. Biaya pendidikan di SMK yang cukup tinggi
5. Faktor Penentu Keberhasilan
a. Terlaksananya Program Diklat yang berstandar kompetensi nasional melalui pendekatan CBT
b. Tersedianya tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi bersertifikat nasional dan berpengalaman kerja industri
c. Tersedianya fasilitas yang mendukung
d. Terlaksananya manajemen mutu
e. Terjalinnya kerja sama dengan institusi pasangan yang berstandar
f. Adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat
g. Terlaksananya pengujian dan sertifikasi yang berstandar dan diakui secara nasional (lembaga pengujian) dan sertifikasi yang terakreditasi
6. Strategi
1. Kebijakan
1.1. Memberi kesempatan dan bantuan kepada guru Diklat Produktif untuk memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh asosiasi profesi dan dunia usaha/industri yang berstandar nasional.
1.2. Mengembangkan program diklat yang berstandar nasional dengan pendekatan CBT
1.3. Melengkapi fasilitas untuk kelancaran proses pembelajaran yang bermutu
1.4. Meningkatkan pelaksanaan manajemen mutu
1.5. Menjalin hubungan kerjasama yang lebih kondusif dengan institusi pasangan yang sudah ada dan menambah industri pasangan yang berstandar nasional serta melaksanakan kegiatan prakerin bagi peserta didik dan pelaksanaan OJT bagi guru-guru produktif
1.6. Menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat dengan pemerintah dan masyarakat
1.7. Memberi kesempatan petugas hubungan industri untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan asosiasi profesi dan DU/DI yang berstandar nasional.

2. Program
2.1. Peningkatan komptensi guru produktif melalui OJT
2.2. Tesedianya program diklat berstandar nasional
2.3. Peningkatan perfomance guru diklat produktif dalam melaksanakan pembelajaran
2.4. Peningkatan pemahaman dan koordinasi guru produktif dalam pelaksanaan pembelajaran melalui CBT
2.5. Peningkatan kompetensi program diklat produktif melalui uji kompetensi oleh asosiasi profesi
2.6. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan merapkan pendekatan CBT
2.7. Peningkatan kualitas fasilitas pembelajaran
2.8. Peningkatan kuantitas fasilitas penunjang pembelajaran
2.9. Peningkatan kinerja staf pembantu Kepala Sekolah sesuai dengan tugasnya
2.10. Peningkatan pelayanan prima dari seluruh warga sekolah
2.11. Terwujudnya pemberdayaan semua elemen lembaga yang mengacu kepada strategi yang kreatif dan inovatif
2.12. Peningkatan mutu organisasi sekolah yang menjamin adanya koordinasi dan komunikasi yang efektif
2.13. Pengoptimalan kerjasama dengan institusi pasangan
2.14. Peningkatan pemahaman IP terhadap program diklat dengan pendekatan CBT
2.15. Terlaksananya prakerin yang produktif dan kreatif
2.16. Terlaksananya program OJT bagi guru produktif
2.17. Peningkatan pemahaman aparatur Pemkab dan masyarakat terhadap otonomi kemandirian SMK



2.18. Peningkatan sumberdaya yang disediakan masyarakat dan Pemkab
2.19. Peningkatan kerjasama dengan asosiasi profesi dan DU/DI yang berstandar nasional
2.20. Terwujudnya tamatan SMK Negeri 1 Ciamis yang mempunyai kompetensi dan sertifikat berstandar nasional
3. Kegiatan
3.1. Melaksanakan sinkronisasi GBPP
3.2. Mengadakan uji kompetensi
3.3. Melaksanakan sertifikasi
3.4. Melaksanakan pelatihan pembuatan modal pembelajaran
3.5. Melaksanakan sistem OJT
3.6. Melaksanakan musyawarah guru program diklat
3.7. Mengadakan diklat yang mengacu kepada life skill
3.8. Melaksanakan standar kompetensi nasional
3.9. Membuka kelas wirausaha
3.10. Inventariasi fasilitas
3.11. Pengoptimalan penggunaan fasilitas
3.12. Pengoptimalan pemeliharaan fasilitas
3.13. Perbaikan fasilitas yang rusak
3.14. Inventarisasi kebutuhan fasilitas yang berstandar
3.15. Pengadaan sarana dan prasarana
3.16. Pengadakan reorganisasi staf Kelapa Sekolah setiap dua tahun
3.17. Mengidentifikasi staf pembantu Kepala Sekolah untuk mengikuti pelatihan jabatan
3.18. Mengirimkan petugas SIM untuk mengikuti penataran
3.19. Mengirimkan tenaga administrasi untuk mengikuti penataran yang relevan
3.20. Mengadakan sosialisasi tentang pelayanan prima
3.21. Mengadakan pengamatan terhadap pelayanan prima
3.22. Mengadakan evaluasi terhadap pelayanan prima
3.23. Menyusun RIPS dan PKS
3.24. Membuat rencana strategi sekolah dengan tepat
3.25. Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan renstra sekolah
3.26. Membuat struktur organisasi sekolah yang profesional
3.27. Menyusun uraian tugas organisasi sekolah yang jelas
3.28. Melaksanakan pembinaan terhadap semua warga sekolah secara rutin oleh Kepala Sekolah
3.29. Membuat MOU dengan institusi pasangan yang berstandar nasional
3.30. Mengadakan dialog dengan institusi pasangan dalam meningkatkan mutu pendidikan
3.31. Mengajak institusi pasangan untuk mau membantu fasilitas sekolah
3.32. Mendorong institusi pasangan untuk membantu rekruitmen tamatan
3.33. Melobi anak sosialisasi tentang CBT kepada institusi pasangan
3.34. Melaksanakan dialog antara sekolah dengan institusi pasangan tentang peningkatan mutu pembelajaran
3.35. Mengajak institusi pasangan untuk membantu memasarkan tamatan
3.36. Membuat program kerja
3.37. Membuat buku panduan prakerin
3.38. Menyelenggarakan pembekalan

3.39. Mengadakan pembimbingan
3.40. Mengadakan monitoring dan evaluasi
3.41. Mendata guru produktif yang sudah/belum melaksanakan OJT
3.42. Membuat MOU dengan institusi pasangan untuk program OJT
3.43. Adanya MOU tentang program OJT
3.44. Melaksanakan program OJT
3.45. Mengadakan dialog dengan Pemkab dan masyarakat
3.46. Terwujudnya pemahaman aparatur Pemkab terhadap otonomi kemandirian SMK
3.47. Terwujudnya kesadaran masyarakat untuk mendukung pelaksanaan otonomi kemandirian SMK
3.48. Mengadakan dialog tentang sumber daya secara profesional dan proporsional
3.49. Menunjukkan program sekolah atau rentstra sekolah
3.50. Mengadakan kerjasama dengan dengan asosiasi profesi dan du/di dalam perencanaan pembelajaran
3.51. Menganalisis materi pembelajaran bersama asosiasi profesi
3.52. Membuat modul pembelajaran hasil kerja sama dengan asosiasi profesi dan DU/DI
3.53. Mengirim guru yang belum memiliki sertifikasi standar nasional dengan melaksanakan OJT
3.54. Bersama asosiasi profesi mengadakan uji kompetensi siswa tingkat I, II dan III
3.55. Meminta asosiasi profesi untuk mengadakan sertifikasi terhadap siswa dan guru
3.56. Mendata siswa yang memiliki sertifikat kompetensi berstandar nasional
3.57. Menyalurkan tamatan ke institusi pasangan atau DU/Di
3.58. Mendata tamatan yang terserap oleh Institusi Pasangan atau DU/DI.

1 komentar:

yusuf sugiarto mengatakan...

Biaya masuk berapa?

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms